Search

Selasa, 19 Agustus 2014

8th United Indonesia: Satu Kata, Satu Harapan by UI-CORP

Tak terasa United Indonesia telah menginjak usia yang ke 8. Untuk sebuah organisasi tentunya usia tersebut telah mengalami fase-fase naik turun. Jika kita membaca sejarah ke belakang tentunya United Indonesia telah banyak makan asam-garam untuk mengelola organisasi yang berdasarkan kecintaan terhadap Manchester United.   Sejak didirikan pada tanggal 20 Agustus 2006, United Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan signifikan[1].

Di berbagai kota besar bermunculan organisasi berbasis fans Manchester United yang bernaung di bawah bendera United Indonesia. Sebutan untuk organisasi ini adalah Chapter United Indonesia. Dalam perkembangannya tidak hanya di kota-kota besar di seluruh Indonesia, tetapi juga kota-kota berkembang lainnya. Hal ini membuktikan secara kuantitas perkembangan United Indonesia dari segi member terus berkembang. Sebuah trend positive bagi organisasi yang didirikan pada 20 Agustus 2006 ini.

Ponorogo yang merupakan salah satu kota berkembang di Indonesia. Kota yang terkenal dengan seni tari reyog-nya, telah banyak berdiri berbagai organisasi/fans club, salah satunya United Indonesia chapter Ponorogo atau yang di kenal dengan UI-CORP (United Indonesia chapter of Reyogchester Ponorogo). Organisasi ini berdiri pada tanggal 24 Maret 2013 dan di tahun kepengurusan yang pertama di koordinir oleh Heiradhika G.D.

Sebagai basis fans Manchester United yang bernaung di bawah bendera United Indonesia, tentunya UI-CORP sangat antusias menyambut detik-detik 8 th United Indonesia. Di akun twitter @UtdIndo_POR memposting:


Heiradhika, selaku Korda UI_CORP menyamaikan doa serta harapan di anniversary United Indonesia yang ke delapan ini. Berikut petikan wawancara dengan Korda UI-CORP:
Selaku korda, menurut anda, satu kata yang tepat untuk menggambarkan United Indonesia?
GEBYAR!!!
Apa harapan anda ke depan untuk United Indonesia di ulang tahunnya yang ke delapan?
Harapannya UI semakin berkualitas dalam menaungi seluruh member di berbagai chapter sehingga fasilitas bisa dirasakan di berbagai daerah. 

Sedikit menganalisis dari pernyataan Heiradhika, baginya hal yang paling menggambarkan UI adalah sebuah kemeriahan. Memang, hampir setiap acara yang di gelar selama ini sangat berbau kemeriahan. Hampir setiap kali nonbar para fans MU mampu memerahkan dan memeriahkan suasana.

Tak hanya Heiradhika selaku korda UI-CORP. Di media social yang lain, facebook, juga muncul posting tentang satu kata yang menggambarkan United Indonesia dan harapannya ke depan. Berikut cuplikan posting-posting itu.

Menurut Ari Nur Diana, satu kata yang tepat untuk menggambarkan United Indonesia adalah "Berisik". Hampir senada dengan pernyataan Heiradhika yang berbau kemeriahan. Tiap kali nonbar di gelar para fans MU menyanyikan chant-chant yang nyaris 2 x 45 menit. Jelas saja ini membuat suasana berisik, tapi meriah. Harapan Ari pun juga tak muluk-muluk. "Turunkan harga renewal member :D". Itulah harapan Ari.

Masih sama dengan hal kemeriahan, keberisikan, dan rame-rame. Novalga Zuharya, juga menyampaikan hal yang hampir sama. "UI marai (bikin, red) teggorokan serak", begitulah kesan Novalga. Menyanyikan chant ketika nonbar kalu dengan semangat bisa berdampak pada suara serak, batuk-batuk, dan lain-lain. Tapi tentunya hal itu tidak menjadi beban bai para fans Manchester United. Semakin ramai, semakin asyik, semakin meriah. Tapi tetap harus teratur ya...

Beda halnya dengan Ghopur S. Putra. Pria yang menjabat sebagai wakorda UI-CORP ini menyatakan "Wonderfullll" sebagai satu kata yang tepat untuk menggambarkan United Indonesia. Ghopur pun juga menyampaikan harapannya, "Menjadi wadah kreatifitas khususnya bagi pecinta Man. United di Indonesia". Kreatifitas adalah penekanan, sehingga harapan Ghopur ke depan United Indonesia menjadi sebuah wadah untuk menyalurkan kreatifitas dan pengembangan diri.

Salah satu babes UI-CORP juga tidak ketinggalan. Dian Novita Luffiani, menggambarkan United Indonesia, "One Love One Heart One United (y) #UIBigFamily". Dian menyampaikan semangat kebersamaan dalam sebuah organisasi. Secara sosial, memang jika sebuah komunitas terus mengalami mobilitas (lewat aktifitas, kegiatan) akan memunculkan ikatan emosi yang lebih mendalam antar sesama anggota. Dian juga menyampaikan harapannya tentang sebuah loyalitas untuk terus mendukung Manchester United dalam kondisi apapun, "Tetep semangat dukung MU walaupun #peringkat7amban". Begitulah harapannya.

Nyaris sama dengan Dian, Albarado Pradana atau yang akrab disapa Rado, juga menekankan semangat kekeluargaan/persaudaraan. Harapannya, "Semoga masih mengutamakan kekeluargaan". Ketika ikatan emosi sudah terjalin relatif intens, maka dapat mewujudkan sebuah integrasi kelompok (organisasi). Mungkin ini yang dirasakan Rado, sehingga satu kata yang menggambarkan United Indonesia menurutnya, "Spesial".

Iwan Baihaqi ikut pula menggambarkan United Indonesia dalam satu kata "UI 8iggest". Keluarga besar United Indonesia yang genap berusia delapan tahun. Novan "Panjul" pun tak ketinggalan. Dengan nyentil dia menuturkan "UIstimewa", plesetan dari kata istimewa, United Indonesia Istimewa...

Di facebook pula, Azulfian Bima, juga memposting sebuah foto yang menunjukan #8thUnitedIndonesia dan United Indonesia sempat masuk menjadi trend di twitter.


Itulah sekilas dari berbagai ekspresi fans Manchester United salam menyambut anniversary ke 8 United Indonesia. Selamat Ulang Tahun, Sugeng Tanggap Warsa United Indonesia. Selamat... Terus berkarya!!!




________________________________________
[1]  Soccerklopedi http://soccerklopedi.blogspot.com/2013/01/sejarah-berdirinya-united-indonesia.html (Dikutip pada tanggal 20 Agustus 2014 12.00 WIB)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar